Si Hitam Putih Yang Hitam Manis (Dawet Ireng Jembatan Butuh)

Buat agan-agan yang suka kuliner nyobain makanan dan minuman saat bepergian atau travelling, yang satu ini recommended untuk dicoba gan, Dawet Ireng Jembatan Butuh. Lapak dawet ini terletak di sebelah timur jembatan butuh, Purworejo. Setelah sekian lama cuma denger dari kabar burung alias ‘bird news’, finally ane nyobain juga kenikmatan nih dawet sama istri ane waktu pulang dari hanimun ala backpaker. Ane sampe nambah 1 mangkok gan,hehehe :D.

Konon kabarnya, dawet ireng ini awal mulanya dipasarkan sama Mbah Ahmad sekitar tahun 1950. Dawet ireng ini minuman berjenis dawet tapi dengan cendol yang berwarna hitam legam. *bukan cendol ijo gan:D. Proses pembuatannya sangat alami yaitu diolah dengan tangan dan nggak pake bahan pewarna. Pewarna hitam buat cendol dibikin dari daun padi kering (oman) yang dibakar hingga menjadi abu, kemudian abu dicampur dengan air dan menghasilkan warna hitam. Sedangkan cendolnya dibuat dari sagu bukan dari tepung beras seperti cendol hijau biasa. Pemanisnya menggunakan gula aren. Ada keunikan dalam penyajian dawet ireng ini, yaitu pemerasan santan dari parutan kelapa langsung yang dapat dilihat oleh pembeli dan jumlah cendol ireng yang jauh lebih banyak dibanding kuahnya (santan dan air gula aren), kemudian ditambah es, dijamin segar dan mantapjaya jos gandos..;).

Harganya berapa??? Gak mahal & gak perlu bongkar dompet gan, dawet ireng ini dibandrol cuma Rp 2.500,- saja per mangkok. Murah banget to gan dibanding kenikmatan yang didapat… sluruuppp.. Segere rek! Klo beli jangan lupa antri ya, banyak pembelinya soalnya. Gak jarang mobil plat B maupun luar kota lainnya yang markir buat nyobain dawet ireng ini. Buat agan-agan yang lagi travelling atau mudik atau sekedar lewat di jalur selatan Kebumen – Purworejo – Jogja, mampirlah sejenak melepas lelah sambil menikmati dawet ireng jembatan butuh. Inget gan, sebelah timur jembatan Butuh langsung di tempat aslinya karena gak buka cabang gan…

Okelah gak perlu panjang lebar lagi, biar makin ngiler dan pengen nyobain silahkan dilihat penampakan si Hitam Putih yang manis ini gan ;)

Salam travelling,
~My Life,My Adventure~

4 responses to this post.

  1. tampak kecil mangkoknya, itu 2500 bisa berkali-kali sepertinya hahaha
    lama tak nge-blog gan :P

    Reply

    • Posted by nuradinugroho on January 12, 2012 at 7:08 AM

      tapi isi dawet itemnya itu yg penuh semangkok..;p, dua mangkok aja dah cukup,,tapi klo maw nambah lg juga boleh sampe kembung,hehe. Iya nih, baru ‘comeback’ after ‘lost’ underworld :D

      Reply

  2. mohon ijin copy gambar, terimakasih ..

    Reply

  3. sangat baik bagi anda yang ingin berwirausaha dawet hitam karena jenis usdaha ini modalnya kecil sekali. Peluang wirausaha ini cocok bagi anda yang bermodal cekak namun ingin buka usaha.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: