Electric Weekend Goes to Bromo (Part 1)

Ini bukan cerita fiksi, tapi kisah nyata perjalananku bersama sahabat-sahabatku, lebih tepatnya, saudari-saudariku. Petualangan kita berlima, travelling ke puncak Bromo. Pada mulanya kita berencana manjat gunung Semeru, ke puncak Mahameru, puncak tertinggi tanah jawa, 3676 meter dpl. Namun, karena kendala waktu -salah satunya-, kita putuskan untuk manjat gunung Bromo. Petualangan ini sudah kita rencanakan hampir 3 bulan sebelumnya. Hingga saatnya tiba, petualangan kita pun dimulai. Electric Weekend goes to Bromo.

Kita sepakat ketemuan di Surabaya. Secara kita berlima terpisah di empat kota, aku dan Tika di Jakarta, Keny di Bandung, Uli di Semarang, dan Dalu di Surabaya. 25 Desember menjadi awal perjalanan kita. Namun, kepentingan keluarga mengharuskanku pulang menghadiri acara nikahan kakak sepupuku. Uli yang sampai duluan di Surabaya, kamis sore. Sementara Tika sama Keni yang berangkat dari Bandung sampai keesokan harinya (26/12). Sementara diriku baru bisa menyusul sabtu malam.

Minggu pagi akhirnya aku sampai di terminal Bungurasih, Surabaya sekitar pukul 04.35 subuh. Selepas shalat dan istirahat di masjid terminal, ku lanjutkan perjalananku ke Lumajang, langsung ke rumah Dalu. Aku udah kangen banget sama mereka, keempat saudariku. Seingatku, hampir 6 bulan kita terpisah. Terakhir kita ngumpul bareng sekitar bulan Juni di Jakarta, tepatnya di Pondok Indah Mall, sambil makan es krim. Empat jam perjalanan dari Surabaya ke Lumajang sampai akhirnya tiba di terminal Wonorejo, Lumajang. Disana, aku udah ditunggu sama pak Gendut, ayahnya Dalu. Beliau seorang polisi. Ternyata Lumajang jauh juga ya…. Sepanjang jalan aku ngobrol sama pak Gendut, mungkin bukan ngobrol, tapi diinterogasi, hehehe. Ampun pak!hehe.

Akhirnya sampai juga dirumah pak Gendut, sekitar pukul 10-an. Aku udah gak sabar ketemu mereka. Dan akhirnya datang juga… ‘Daluuu…..!!!!’, dia yang ku lihat pertama kali. Menyusul Uliii……!!! Keny……!!! Lho, Tika kemana ya??? Kok gak keliatan. Ternyata dia lagi mandi. Seneng banget rasanya, akhirnya kita ngumpul lagi. Dan lengkaplah sudah ketika Tika selesai mandi, kita berlima -Electric Weekend- bersatu lagi n_n. 6 Bulan sudah penantian ini berakhir, halahh lebay banget ya Tik,hahaha. Baru aja duduk, belum apa2 udah jepret sana jepret sini. Emang kalian ini gak berubah ya, fotogenic! Terutama Keny ma Uli tuh….ya kan bu?hehe . Sejenak ku istirahat, melepas lelah. Dan giliranku untuk mandi dan makan siang. Secara aku udah laper banget,hehe. Makasih banget buat ibu sm bpknya Dalu…jadi ngerepotin ni, hehe.

baru nyampe langsung jeprat-jepret deh..

Durian…Hhmmm uenake rek!

Rencananya, kita berangkat pukul 2 siang. Kita masih nunggu Hendra dkk. Hendra, temannya Dalu yang seorang guru, yang akan ngebawa kita menuju Bromo. Selepas shalat, kita masih duduk-duduk sambil nonton tv, nunggu mobil datang. Tiba-tiba pak Gendut datang sambil bawa durian banyak. Whoaaaa….asyik makan durian. Tapi ternyata ada yg berbahagia dibalik penderitaan seseorang. Secara Tika paling alergi sama durian! Kenapa si Tik?? Durian itu kan uenak lho…uenake puoll! Dan Dalu juga gak terlalu suka sama durian. So, akhirnya kita bertiga deh yang ngabisin tuh duren. Hhmmm…enyak..enyak..enyak!! Mak nyusss!!! Kenyang makan duren, bikin aku ngantuk sampai akhirnya tepar deh di sofa.

uenake duren cak!!

Pukul 1.20 menit, kita udah siap-siap dengan perlengkapan yang musti dibawa. Tapi yang utama justru makanannya. Banyak banget bo…waduh waduuhh…kalian itu mau manjat gunung apa rekreasi to??? Atau mau jualan di Bromo? Hehehe. Dan seperti biasa, fotogenic pun beraksi. Jeprat-jepret, Electric Weekend with Dalu family. Oh iya, akhirnya aku ketemu juga sama adeknya Dalu, Bintoro. Ternyata dia emang lebih gede dari diriku, hahaha. Sayangnya, ms Bin gk bisa ikut, dia mau ujian soalnya.

Petualangan dimulai!!!

Akhirnya Hendra datang juga dengan jeep Land Cruizer merah yang keren dan mantabs! Ini awal pertemuan dan perkenalanku sama dengannya. Sebelumnya cuma diceritain aja sama bu Dalu. Hendra datang bersama teman-teman dari PAS, Pecinta Alam Semeru, diantaranya cak Karyo dan cak Slamet yang pegang stir. Semua tas dan ransel diangkut ke mobil. Semuwa sudah siap dan kita pun siap untuk berangkat. Lets go to Bromo!!

siap-siap!

siap berangkat!!!

Aku dan mas Karyo duduk di depan nemenin cak Slamet yang nyetir jeepnya. Sementara Hendra bersama keempat saudariku di belakang. Kita menuju Ranu Pani yang akan menempuh waktu sekitar 1 jam. Sebenarnya, jalan menuju Ranu Pani ada dari empat arah, Senduro (Lumajang) , Malang, Pasuruan, sama Probolinggo. Biasanya, para turis dan wisatawan banyak yang lewat dari Malang. Tapi kita masuk lewat Senduro. Lebih seru karena kita akan melewati hutan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru.

Ku nikmati perjalan ini menyusuri hutan sambil ngobrol sama cak Karyo. Ku rasakan udara yang dingin dan segar. Pohon-pohon besar yang rindang, kicauan suara burung, dan suara khas dari satu species bernama Cenggeret. Itu sih sebutan dari Hendra, kita juga sama-sama gak tahu bahasa Indonesianya cenggeret itu apa ya??Hehehe. Ada yang tahu gak?? Kedamaian yang sangat jauh berbeda dibandingkan dengan Jakarta yang sumpek, macet, dan bikin penat!

*Nantikan petualangan selanjutnya…To be continue…n_n

12 responses to this post.

  1. Posted by kartikarahmawati on January 11, 2009 at 2:36 AM

    lanjutin pak tulisanmu bagus..

    btw mandi dulu pak.. baru nampang jeprat-jepret lagi..
    hehehe

    Reply

  2. Posted by wulanekadalu on January 13, 2009 at 3:31 AM

    hmm…cenggeret ya??blm ktemu pak bhs.indonesianya apa..

    ayo2..lanjutan perjuanganmu pak!!
    keep posting

    Reply

  3. Posted by wulanekadalu on January 13, 2009 at 4:54 AM

    oya emang di interogasi apa aja sama bapak?
    palingan standar kan, nananya siapa?orang mana?kerja dimana? ia kan..hihihihi

    Reply

  4. wah nggak bener nih.. kok nggak ngajak-ngajak sih.. besok-besok kallo mau jalan ngajak-ngajak ya.. plus ditraktir juga.. wakaka..

    Reply

    • Posted by nuradinugroho on January 15, 2009 at 8:52 AM

      waaaahhhh…..qt udah ngundang loh di milist kelas…Ahem sibuk banget sih…kekekekkkkkkk. Traktiran??? Mau..mau..mau…kpn Hem?? asyik Ahem mau traktiran….hehehe

      Reply

  5. oh gitu ya.. berarti aku dulu belum memperhatikan message di millist, yaudah ntar kalo mau jalan lagi musti kasih kabar pokoknya..

    lho kok jadi saya, kan Nur Adi yang mau nraktir, kalo nggak yang nraktir yang barusan masuk Telkom aja.. kekeke..

    Reply

  6. Posted by anakmanusia on January 15, 2009 at 9:31 AM

    awas yah kl ntar pas ak pulang ke jawa g ada acara2 ginian lagi,,….😦

    Reply

  7. Posted by kartikarahmawati on January 22, 2009 at 2:30 AM

    emang orang pare2 mau pulang ke jawa?? ngapain lu.. hehhee

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: