Electric Weekend Goes to Bromo (Part 3)

Terbaaaaaaangg!!!!!

Sampailah kita di kaki gunung Batok, persis di sebelah gunung Bromo. Ternyata sudah ada beberapa pengunjung yang datang dengan Jeep-jeep yang sudah berjejer. Dan mereka pun akan bermalam bersama kita. Si merah LC mendarat dengan selamat, mencari tempat yang nyaman untuk mendirikan tenda. Malam ini kita akan nginep di Bromo. Udaranya begitu segar dan dingin yang menyengat.

Sebelum mendirikan tenda, kita jalan-jalan sambil menikmati begitu indahnya alam ciptaan-Nya. Padang pasir yang luas. Dikelilingi pegunungan yang tampak kokoh menjulang ke langit. Syndrome fotogenic pun meningkat drastis ke stadium empat. Jeprat-jepret pun tak terhindarkan, hehe. Berfoto-foto ria di kaki gunung Batok. Mulai dari foto narsis, foto bareng membentuk huruf E dan W, sampai foto yang paling bikin capek ngos-ngosan. Foto terbang. Dari dulu gak pernah berhasil buat foto terbang. Udah lompat-lompat berkali-kali gagal juga. Mana udah ngos-ngosan. Apalagi Uli sama Keny. Kalian pasti cuapek banget ya,hehehe. Dan yang pertama kali berhasil adalah Tika. Akhirnya bisa terbang juga ya. Dalu gak mau kalah pengen terbang juga. Termasuk diriku. Horee..Berhasil! Berhasil! Berhasil! (gayanya Dora klo udah nyampe). Uli juga berhasil menyusul. Ayo Ken…kamu pasti bisa! Keny terus mencoba…lagi dan lagi… Dan akhirnya terbang juga. Tapi lho….mukamu kok ketutupan jilbab Ken, hahahaha. Kasian deh loe..hehehe. Ayo coba lagi! Dan yang paling seru ketika kita terbang bareng-bareng. Gak ada ceritanya sekali lompat langsung berhasil. Selalu ada yang ketinggalan. Huufff…maw foto aja susah banget. Mana haus lagi. Cuapeknya cak..cak…Hingga pada usaha yang entah untuk yang keberapa kalinya..Jepreeettt!!!!!! Lihat foto itu. Dan akhirnya kita pun terbang!!!!

Terbang

Udah capek puas dengan acara lompat-lompatnya, kita segera bangun tenda. Suasana udah mulai gelap. Aku, Hendra, dan mas Karyo mencari lokasi yang pas dan bagus buat nge-camp. Nyari tempat yang rata dan gak ada rumputnya, soalnya rumput bakal bikin alas tenda jadi basah. Pelajaran pertama yang ku dapatkan dalam ber-camping diriin tenda. Oke, kita dapat tempat yang bagus. Segera semua tas dan perlengkapan diturunkan. Kita mulai diriin tenda rame-rame. Kita bangun 2 buah tenda. Satu tenda cewek. Satu lagi buat kita para cowok. Tapi curang nih, tenda ceweknya lebih guede. Sementara kita musti ”empet-empetan” kayak udang goreng di bungkus tepung terigu. Selesai diriin tenda, kita gelar tikar buat duduk rame-rame. Kebersamaan dan kehangatan di dinginnya malam yang tak bisa ku lupakan. Betapa damainya hidup ini. Tertawa, bercanda, dan bercengkrama, saling bercerita ngalor ngidul ngetan ngulon smape ngisor nduwur, hahaha.

bikin tenda

fotogenic

Ngaji di malam tahun baru Islam 1430 Hijriah.

Udah magrib nih. Kita shalat dulu yuk! Di Bromo udah ada tempat khusus buat MCK loh. Musholanya juga ada. Jadi gak usah khawatir kalo mau shalat apalagi yang mau mandi, itu pun kalo kuwat. Airnya udah kayak air kulkas bo’..duingine puoll!! Kamar mandinya bagus loh..bersih pula. Bayarnya cukup 2 ribu rupiah. Musholanya juga cukup luas. Ada springbed (salah nulis ya,he)-nya malah. Jadi bisa numpang tidur,hehehe.

toilet

Dan malam itu, kita -Electric Weekend- shalat berjamaah untuk pertama kalinya, di malam tahun baru Islam 1430 H, di Bromo. 27 Desember 2008 di kaki gunung Batok. Never forget it! Habis shalat magrib, tadinya kita mau baca doa awal dan akhir tahun bareng-bareng. Berhubung gak ada yang bawa dan gak ada yang hafal, jadi kita putuskan untuk ngaji bareng. Dari baca Al-Fatihah, ayat kursi 7 kali, ditutup dengan surat Yassin berbarengan. Alhamdulillah aku selalu membawa mushaf kecilku kemana aku pergi. Karena aku pengen, ketika aku mati nanti, saat itu aku meninggal bersama Al-Quran. Karena kita gak pernah tahu, kapan kematian itu datang. Seperti di lagunya Gigi yang judulnya ’Yang Tak Terpikirkan I’ bahwa yang paling dekat dengan manusia adalah sebuah kematian. Yang paling jauh dengan manusia adalah masa lalu kita. Yang paling besar di dunia adalah nafsu manusia. Dan yang paling berat di dunia adalah ketika kita memegang sebuah janji. Ah, lebih baik kalian dengerin aja ya lagunya. Cari deh album Jalan Kebenarannya Armand dkk, lagunya bagus-bagus.

Selesai ngaji kita ngobrol-ngobrol sebentar sambil nunggu waktu Isya tiba. Sekalian biar gak bolak-balik dari tenda. Selesai shalat Isya, kita kembali ke camp buat makan malam.

Waktunya Makan Malam!

It’s time for dinner!! Udah laper buaged nih…ayo kita keluarkan semuwa makanannya,hehe. Dalu dkk mengeluarkan perbekalan rekreasi kita. Nasi bungkus, telor asin, kering, ada daging juga loh. Asyik…Sementara para ibu-ibu nyiapin makanannya, kita bapak-bapak (sok tua nih) ngerebus air buat nyeduh nescafe 3in1. Pokoknya lengkap deh. Dijamin kenyang,hahaha. Hhhmmm….asyik banget pokoknya, camping, makan malem di alam terbuka, sambil ngeliatin bintang-bintang di langit. So sweet….n_n.

makan yuk!

makan makan

Selesai makan, kita ngelanjutin acara ngobrol-ngobrolnya. Dari kerjaan sampai pengalaman manjat gunung Semeru. Aku pengen banget bisa nyampai puncak Mahameru. Ya, suatu saat nanti. Agustus 2009 ini, Hendra mengajakku ikut manjat bareng temen-temen. Kita mau upacara di puncak. Semoga. Amin.

Shooping yuk!

Gak kerasa udah jam 9 malem. Cak Karyo nawarin kita buat shopping souvenir-souvenir Bromo. Tempatnya sih lumayan jauh, tapi gak jauh-jauh amat ko. Kan kita naek si merah LC. Oke deh. Kita shopping sekarang. Lets go! Tapi musti ada yang jagain tenda dong. Hhmm…siapa yah yg standby di stand. Otomatis lah sang tuan rumah. Antara Hendra, kapten Karyo, ato wong Tengger cak Slamet. Gak mungkin kn qt yg jaga tenda,he. Dan akhirnya Hendralah yang jadi korbanon buat jagain markas. Sing sabar yo pak guru…hehehe.

Si merah LC mengaum, meluncur, membawa qt mengarungi padang pasir di Bromo. Membelah gelap malam bersama sang bintang. Menyaksikan betapa kuasanya Alloh sang Maha Pencipta. Dinginnya malam begitu terasa menusuk-nusuk kulitku. Padahal aku udah rangkep 3 pake jaket.

Setelah menempuh sekitar 20 menitan, sampailah kita di ’mall’ Bromo. Tempat jualan souvenir-souvenir dan oleh-oleh buat para pendatang. Oh iya, disana udah ada ATM loh, jadi gak usah khawatir musti bawa duit cash banyak-banyak. Terimakasih BNI….. Ada banyak distro yang ngejualin berbagai souvenir. Dari kaos, kupluk, sarung tangan, makanan, sampe stiker Bromo juga ada. Pokoknya buanyak deh. Dan kita pun gak menyia-nyiakan kesempatan ini. Semuwa pada borong. Dalu beli kaos sama slayer. Tika beli kaos juga buat adeknya. Uli sama Keny juga belanja kaos. Sementara diriku gak mau ketinggalan dong….kaos Mahameru, slayer peta Semeru, sama kupluk buat kepala. Pokoknya puas deh belanjanya,hahaha.

souvenir

Selesai shopping, kita pulang back to markas. Kasihan kan Hendra udah nungguin sendirian di camp. Sampai di camp, kita terus istirahat. Udah malem. Kita musti nyiapin body biar gak tumbang buat manjat Bromo besok pagi. Mau liat sunrise dari puncak Bromo. Malam ini bener-bener berkesan banget buatku. Di malam tahun baru, ngumpul bareng saudari-saudariku, menikmati alam bebas-Nya. Oke, dah malem cak. Time to sleep now! Met malem semuwa…Z..zz..z..z….zz.

*NB: jangan lewatkan acara puncaknya di episode berikutnya…manjat Bromo! to be continue…

3 responses to this post.

1. Posted by wulanekadalu on February 9, 2009 at 1:12 AM

kalo dBromo aja udah kedinginan
    siap-siap di Mahameru lebih dingin pak
    kalo mau ksana harus bener-bener fit badan..
    liat sendiri kan gmn hendra, cak karyo yang tahan banting..

prepare your self bro!!

2. Posted by kartikarahmawati on February 9, 2009 at 3:17 AM

serunya tahun baru d gunung bromo…