Puncak Mahameru

Mahameru Gunung Semeru dengan puncak Mahameru mempunyai ketinggian + 3.676m.dpl. atau puncak gunung tertinggi di Pulau Jawa dan tergolong gunung yang masih aktif, dengan ditandai masih seringnya mengeluarkan gas dan asap tebal setiap saat dan biasanya dibarengi dengan semburan pasir vulkanis. Gunung Semeru termasuk kawasan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru (TNBTS) yaitu kawasan cagar alam di daerah perbatasan antara empat kabupaten di Jawa Timur, yaitu kabupaten Malang, Probolinggo, Lumajang, dan Pasuruan.

Rute pendakian atau untuk mencapai puncak Mahameru bisa melalui arah dari keempat kabupaten tersebut, akan tetapi yang umum dan paling mudah dicapai adalah melalui rute kecmatan Tumpang. Dari sini tersedia banyak kendaraan angkutan menuju desa Ranupane yakni desa terakhir untuk menuju puncak Mahameru.

Perjalanan rute Tumpang tersebut adalah bisa dimulai dari kota Malang menuju pasar Tumpang dengan kendaraan umum atau juga sewaan, turun di pasar Tumpang atau langsung ke tempat penyewaan mobil. Untuk urusan koordinasi biasanya diberhentikan dulu di desa Kunci (Tumpang) guna keperluan administrasi semacam pendaftaran peserta dengan sedikit biaya. Selanjutnya perjalanan melalui desa Poncokusumo, desa Gubukklakah dan desa Ngadas, atasnya lagi persimpangan dari arah Bromo yakni pos Jemplang. Sekitar 2 jam perkjalanan kendaraan sampailah di pos penjagaan kedua yaitu desa Ranupane dengan ketinggian + 2.200 m.dpl. disini adalah tempat pengecekan ulang data para pendaki dan juga terminal pemberangkatan dan kepulangan. Awal tracking dimulai arah menuju Ranugumbolo yaitu satu tempat dengan ketinggian + 2.300 m.dpl. terdapat danau dengan air yang sangat jernih dan terdapat basecamp untuk istirahat dengan jarak sekitar 13 km atau 3-4 jam perjalanan.

Bila berangkat dari ranupane pagi-pagi setelah beristirahat di Ranugumbolo perjalanan bisa diteruskan melalui kawasan Oro-oro Ombo antara puncak Jambangan dan puncak Kepolo terus lewat Bajangan menuju ke pos selanjutnya di Kalimati pada hari yang sama, yaitu padang rumput yang luas dan terdapat basecamp juga, dengan ketinggian + 2.700 m.dpl. biasanya menginap disini. Esoknya atau dini hari harus sudah dimulai perjalanan yaitu melalui Arcopodo yakni hutan cemara dengan jalan berpasir menanjak ketinggian sudah mencapai + 3.000 m.dpl. agar setelah lewat Cemoro Tunggal sudah mencapai punggung gunung untuk melihat sunrise atau matahari terbit dengan pemandangan yang sangat indah, dengan kondisi jalan pasir dan batu yang lebih curam di kanan kiri dengan kemiringan hamper 45 derajat.

Biasanya sekitar 3-4 jam perjalanan sudah bisa mencapai puncak Mahameru, tak ada lagi jalan yang menanjak, dengan permukaan yang rata berpasir dengan batu-batuan kecil diselimuti kabut. Dari sini kita bisa menikmati pemandangan yang jauh dan sangat indah, bersama hembuan angina yang kencang, kita bisa merasakan betapa besar kekuasaan Tuhan Yang Maha Hebat dan betapa kecilnya kita, demikian juga kita di sini bisa merasakan mampu menaklukan letupan emosi yang kerap menemani saat perjalanan., dengan sesekali dibarengi letupan asap Semeru dari kawah Jonggring Saloko.

Selamat mendaki…!!!

Source:
1. http://www.lumajang.go.id/wisata_lihat.php?op=Gunung%20Semeru

10 responses to this post.

  1. kapan yahh kesana…….

    Reply

  2. Posted by wulanekadalu on August 26, 2009 at 7:17 AM

    ayo uplot poto-poto dipuncaknyaaaaa

    Reply

    • Posted by nuradinugroho on August 28, 2009 at 11:52 PM

      Photo2 di klik aja bu di sebelah tuh…> VISIT SITES BELOW>Photo-Photo.

      Jangan mupeng yah….so mau ikut ke Kumbolo gak??? ^_^

      Reply

  3. Posted by kartikarahmawati on August 26, 2009 at 1:57 PM

    hayo…hayo..
    aku ikutan yg ga jauh2 n ga terlalu tinggi..
    heheheheh

    Reply

  4. Posted by sari on May 19, 2010 at 5:24 PM

    suatu hari nanti akan ke sana:D optimis!

    Reply

  5. Posted by Patra on December 6, 2012 at 5:06 AM

    mas mba apa ada acara lagi kesana sekitar bulan maret depan?

    Reply

  6. Posted by nuradinugroho on January 31, 2013 at 7:40 AM

    coba joint komunitas travelling atau facebook PAS (Pecinta Alam Semeru) bwt dapet info update🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: