Fenomena Facebook: Bikin deket yang jauh, bikin jauh yang deket

Facebook saat ini menjadi situs jejaring sosial yang paling banyak digemari baik dari kalangan pelajar maupun umum. Bisa dibilang tiada hari tanpa fesbuk (facebook-red). Sampe-sampe maw mandi aja apdet status fesbuk. Tiap hari bisa nyetatus sampe 5 kali. Misal: ‘ngantuk banget abis makan di bergerking….’, ‘futsal lovers time to kick the ball!!’, sampe status2 aneh (alay.com) kayak ‘lagi dilampu merah,nungguin lampu ijo nyala…..’. Gimana gk lebay, padahal nunggu lampu merah aja gk lebih dari 1 menit to…hahaha,ada2 saja.. Namun diluar semuwa itu, facebook terbukti dapat mempererat silaturahmi antara teman, shabat, maupun keluarga besar. Teman lama yang sudah gak tahu kabarnya bisa tiba2 ketemu di facebook dan terciptalah lagu ‘My Facebook’nya Gigi ^^. Segala sesuatu pasti ada sisi positif & negatifnya, termasuk fesbuk. Semuwa tinggal tergantung ke pribadi masing2 dalam mensikapinya. Ambil manfaatnya, buang jauh2 dampak negatifnya.

Dan inilah salah satu fenomena fesbuk yang berdampak seperti dua sisi keping mata uang. Facebook, bikin yang jauh jadi deket, bikin yang deket jadi jauh. Loh ko’ bisa?? Gimana ceritanya?? Fenomena bikin yang jauh jadi deket sudah terbukti, gak perlu kita bahas disini. Yang perlu hati2 adalah justru bikin yang deket jadi jauh. Gimana enggak, dalam situasi lagi ngumpul bareng malah sibuk sendiri apdet status. Lagi ngumpul bareng temen2 malah sibuk sama hapenya sndiri. Lagi makan bareng keluarga aja malah lbh sering perhatiin henponnya ketimbang piringnya…;D. Bukankah moment berkumpul dengan keluarga,sahabat,teman2 adalah moment yang langka.. Namun kadang malah disia2kan dengan sibuk sendiri fesbukan. Pernahkah iseng2 memikirkan perasaan orang disekitar kita ketika lagi ngobrol malah dicuekin dengan fesbuknya. Ini jadi hal yg cukup penting apalagi bagi yang punya Bebe (blackberry-red). Sangat mudah terjangkit fenomena yang satu ini. So, ati2 ya yang punya bebeh…..^^.

Trus gimana dong biar gak kena fenomena negatifnya fesbuk?? Jawabannya sederhana saja. Kalau lagi ngobrol, bercengkerama,ngumpul bareng, gak usah sibuk mikirin hapenya… Kalo pun udah nyetatus sebelumnya, gak usah mikirin yg komen siapa ya?? apa aja ya komennya?? itu ntar aja kalo acaranya udah selesai. Jadi intinya belajar menghargai orang lain jika ingin dihargai oleh orang lain. Mulai dari hal-hal yang kecil seperti fesbukan ini ^^.

4 responses to this post.

  1. Posted by wulanekadalu on June 10, 2010 at 8:58 AM

    klo udah sama keluarga mah semuanya dilupain pak
    ada yg sms, telpon2pun dicuekin dah
    *lagi tidur soalnya😀

    Reply

  2. Posted by eka on June 10, 2010 at 3:52 PM

    ada lagi sih cara yg jitu,…
    gak usah beli HP yang canggih2,…
    pakainya HP yg jadul seperti punya saya, yang cukup untuk telpon dan sms saja….hehehe..(*alesan aja, sebenernya mau beli yang canggih tapi gak mampu,.wekeke….:D..)

    Reply

    • Posted by nuradinugroho on June 11, 2010 at 12:13 AM

      Hehehe..alasan diterima *alibi.com ;)* Tp jadi mupeng mode ON dong, minimal bisa photo2lah…^^

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: